Pertanyaan Ke-010 :
Mana yang lebih utama witir setelah Sholat ‘Isya
atau setelah Sholat tahajjud ?
Jawaban :
Bagi
yang terbiasa bangun malam maka lebih utama sholat witir setelah sholat
tahajjud. Dan bagi yang tidak terbiasa bangun malam lebih utama sholat witir
sebelum tidur. Hal ini dijelaskan dalam Kitab Fathul Mu’in halaman 32 :
فتح المعين ص : 32
( فرع ) يسن لمن وثق بيقطته قبل الفجر بنفسه أو غيره أن يؤخر الوتر كله لا
التراويح عن أول الليل وإن فاتت الجماعة فيه بالتأخير في رمضان لخبر الشيخين
اجعلوا آخر صلاتكم بالليل وترا وتأخيره عن صلاة الليل الواقعة فيه ولمن لم يثق بها
أن يعجله قبل النوم.
Pertanyaan Ke-011 :
Apakah lurusnya barisan sholat menjadi syarat
sah sholat berjama’ah ?
Jawaban :
Lurusnya
barisan tidak menjadi syarat sahnya sholat berjamaah, tetapi menjadi syarat
keutamaan dan kesempurnaan sholat berjamaah. Jika barisannya tidak lurus,
sholat berjamaah hukumnya sah tetapi tidak mendapatkan keutamaan. Masalah ini
dibahas dalam kitab Fathul Mu’in halaman 36 dan kitab I’anatuh Tholibin Juz 2
halaman 25 :
فتح
المعين ص : 36
( وكره ) لمأموم ( انفراد ) عن الصف الذي من جنسه إن وجد فيه سعة بل يدخله (وشروع في صف قبل إتمام ما قبله) من الصف ووقوف الذكر الفرد عن
يساره ووراءه ومحاذيا له ومتأخرا كثيرا
وكل هذه تفوت فضيلة الجماعة كما صرحوا به
اعانة
الطالبين جزء 2 ص : 25
( قوله تفوت فضيلة الجماعة ) أي التي هي سبع وعشرون درجة أو خمس
وعشرون
Pertanyaan Ke-012 :
Bolehkah Musafir yang menjamak sholat, bermakmum
Sholat Jum’ah ?
Jawaban :
Sholat
Jum’at dapat / boleh dijama’ dengan sholat Ashar. Setelah selesai melaksanakan
Sholat Jum’at Si Musafir melanjutkan Sholat Ashar sebagai sholat jama’. Jadi
kedudukan Sholat Jum’at dalam hal Jama’ disamakan dengan sholat Dzuhur. Hanya
saja Si Musafir tidak dihitung dalam bilangan 40 orang sebagai syarat sah
Jum’at.
Jama’
Sholat jum’at hanya berlaku untuk Jama’ Taqdim saja. Adapun Jama’ Ta’khir tidak
diperbolehkan karena sholat Jum’ah harus dilaksanakan pada waktu dzuhur.
Hal
ini dijelaskan dalam Kitab Asnal Matholib Juz I Halaman 242 sebagai berikut :
وَيَجُوزُ جَمْعُ الْجُمُعَةِ
وَالْعَصْرِ تَقْدِيمًا كما نَقَلَهُ الزَّرْكَشِيُّ وَاعْتَمَدَهُ كَجَمْعِهِمَا
بِالْمَطَرِ بَلْ أَوْلَى وَيَمْتَنِعُ تَأْخِيرًا لِأَنَّ الْجُمُعَةَ لَا
يَتَأَتَّى تَأْخِيرُهَا عن وَقْتِهَا
Juga
diterangkan dalam Kitab Al-Iqna’ Juz I halaman 146 :
يجوز الجمع بين صلاة الجمعة والعصر للمطر فإذا قدم
العصر فلا بد من وجود المطر في الأحوال الثلاثة كما تقدم قال صاحب البيان ولا
يشترط وجوده في الخطبتين وقد ينازع فيه ذهابا إلى جعلهما بدل الركعتين قال وإن
أراد تأخير الجمعة إلى وقت العصر جاز إذا جوزنا تأخير الظهر فيخطب في وقت العصر
ويصلي.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar