Selasa, 19 Mei 2015

BAHTSUL MASAIL 002



Pertanyaan Ke-004 :

Bagaimana hukumnya mencuci karpet pada laundry di mana banyak orang non muslim yang mencucikan pakaiannya di laundry tersebut sehingga dikhawatirkan bercampur ?

Jawaban :

Karpet dan pakaiannya dihukumi suci menurut pendapat yang paling kuat. Kecuali jika jelas melihat sendiri mengandung najis. Sebagaimana diterangkan dalam Kitab Fathul Mu’in halaman 13-14 :

( قاعدة مهمة ) وهي أن ما أصله الطهارة وغلب على الظن تنجسه لغلبة النجاسة في مثله فيه قولان معروفان بقولي الأصل والظاهر أو الغالب أرجحهما أنه طاهر عملا بالأصل المتيقن لأنه أضبط من الغالب المختلف بالأحوال والأزمان ( وذلك كثياب خمار وحائض وصبيان ) وأواني متدينين بالنجاسة.
               
                Namun demikian hukumnya adalah makruh. Dalilnya tersebut di dalam Kitab Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzdzab Juz 1 Hal. 263 :

فيكره استعمال أواني الكفار وثيابهم سواء فيه أهل الكتاب وغيرهم والمتدين باستعمال النجاسة وغيره.             



Pertanyaan Ke-005 :

Bagaimana hukumnya Sholat Jum’ah dengan bilangan kurang dari 40 orang ?

Jawaban :

Empat puluh orang termasuk imam adalah salah satu dari syarat sah sholat Jum’at. Jika kurang dari 40 orang maka tidak sah sholat jum’atnya. Demikianlah menurut  pendapat Madzhab Imam Syafi’i. Jika jumlah penduduk kurang dari 40 orang cukuplah diselenggarakan sholat Dzuhur saja sebagai penggantinya.

Hal ini diterangkan dalam kitab Fathul Mu’in pada Hamisy I’anatuth Tholibin Juz II halaman 56 sebagai berikut :

( و ) ثانيها وقوعها ( بأربعين ) ممن تنعقد بهم الجمعة ولو مرضى ومنهم الأمام.
(قوله: وقوعها بأربعين) أي لخبر ابن مسعود رضي الله عنه: أنه (ص) جمع بالمدينة وكانوا أربعين رجلا. ولقوله (ص): إذا اجتمع أربعون فعليهم الجمعة. وقوله (ص): لا جمعة إلا في أربعين. وحكمة هذا العدد أنه مقدار زمن بعث الانبياء عليهم الصلاة والسلام، وأنه مقدار زمن ميقات موسى عليه السلام، وأنه - كما قيل - مقدار عدد لم يجتمع مثله إلا وفيهم ولي الله تعالى

Sah sholat Jum’ah dengan bilangan kurang dari 40 orang jika mengikuti madzhab Imam Hanafi (minimal 4 orang), atau madzhab Imam Malik (minimal 30 orang) dengan syarat memahami ketentuan-ketentuan Sholat Jum’ah dalam madzhab tersebut.
Hal ini diterangkan dalam Kitab Kasyifatusy Syaja Syarah Safinatun Najah Hal. 89 :
كاشفة السجا شرح سفينة النجا ص : 89
)فرع( يجوز تقليد القائل بجوازها بدون الأربعين كأبي حنيفة فإنه جوزها بالأربعة أحدهم الإمام ومالك فإنه جوزها بثلاثين أو بعشرين، ولا يكفي تقليد بعضهم بل لا بد من تقليدهم وعلمهم بشروط ما يقلدون فيه عند من يقلدون ويسن لهم فعل الظهر، قال العلامة الكردي في فتاويه: وهو الأحوط خروجاً من الخلاف قاله المفتي محمد الحبشي.

Jadi pada saat-saat darurat kita bisa mengikuti Madzhab lain sebagai solusinya. Tapi jangan gegabah atau main-main, harus benar-benar karena situasi yang darurat.

Pertanyaan Ke-006 :

Bagaimana hukumnya makmum masbuq yang mendapati Imam sedang Qunut Shubuh, Apakah langsung ikut Amin bersama imam atau ruku’ terlebih dahulu lalu ikut qunut ?

Jawaban :

Si masbuq tersebut setelah Takbirotul Ihrom langsung mengambil posisi I’tidal dan membaca aamiin,  jangan melakukan ruku’ dulu karena sudah tertinggal dua rukun fi’li. Ketika imam salam, ia berdiri dan melaksanakan sholat dua rokaat, bukan menambahkan satu rokaat, sebab rokaat bersama imam tidak dihitung, karena ia tidak ikut ruku’ bersama imam.

Hal ini diterangkan dalam Kitab Shohih Ibnu Hibban Juz 5 halaman 521 :

أخبرنا أبو يعلى، حدثنا أبو خيثمة، حدثنا حسين بن محمد، حدثنا شيبان، عن يحيى بن أبي كثير، عن عبد الله بن أبي قتادة، عن أبيه قال: بينما نحن نصلي مع رسول الله صلى الله عليه وسلم، إذ سمع جلبة رجال، فلما صلى، دعاهم، فقال: "ما شأنكم"؟ قالوا: يا رسول الله، استعجلنا إلى الصلاة، قال: "لا تستعجلوا، إذا أتيتم الصلاة، فعليكم السكينة، فما أدركتم، فصلوا، وما سبقتم، فأتموا"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar