Sabtu, 13 Juni 2015

AL KISAH 013: SYEKH MAGELUNG SAKTI (KE 1 DARI 5)



SYEKH MAGELUNG SAKTI
MENCARI GURU SYAHADAT
(KISAH KE 1 DARI 5)
  Negeri Syam adalah negeri yang bersejarah dan penuh berkah. Di dalamnya terdapat Palestina, Yordania, Syiria, Lebanon dan sekitarnya. Banyak Nabi yang dilahirkan, berdakwah, dan wafat di Negeri Syam. Sehingga Negeri Syam pantas dijuluki sebagai Negeri Para Nabi. Negeri ini juga banyak melahirkan orang-orang besar seperti para Ulama, para Raja, dan para Wali.
 
 Negeri Syam Yang Diberkati
 
Pada Suatu masa, di negeri Syam hiduplah seorang turunan Rasulullah saw sebut saja namanya Syarif Syam. Beliau sudah mendalami berbagai macam ilmu agama. Ada ilmu fiqih, tauhid, tasowuf, hadits, tafsir dan sebagainya. Syarif Syam sangat haus akan ilmu pengetahuan. Di samping itu Syarif Syam memiliki rambut yang sangat keras sehingga tidak bisa dipotong walaupun dengan pedang yang sangat tajam.

Pada suatu waktu, Dia mendengar suara hatif (Suara tanpa rupa) yang menyuruhnya untuk mencari guru mursyid yang akan mengajarkan syahadat sejati. Karena banyaknya kitab tidaklah menjamin telah memiliki Ilmu Syahadat Sejati. Guru Mursyid tersebut yang berpangkat Awliya Qutub (Pemimpin Para Wali seluruh dunia). Hatif menyatakan bahwa Guru syahadat itu ada di Cirebon Tanah Jawa. Beliau pulalah yang akan bisa memotong rambutnya.

 
Illustrasi Kapal Tempo Doeloe

Syarif Syam menyiapkan 2 buah kapal untuk melaksanakan ekspedisi mencari Guru Syahadat. Satu kapal berisi kitab-kitab dalam berbagai macam disiplin ilmu pengetahuan. Satu kapal berisi perbekalan dan pasukan pengiring. Berangkatlah rombongan Syarif Syam menuju ke arah Timur. Ke arah Nusantara tepatnya ke Pulau Jawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar